Mengenal Investasi Reksadana

Salah satu produk investasi yaitu reksadana. Menurut wikipedia reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke dalam portofolio investasi, seperti saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya. Jadi manajer investasi adalah suatu badan atau perusahaan yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah untuk mengelola dana dari investor. secara sederhana manajer investasi adalah sopir yang beranggung jawab terhadap penumpang agar selamat sampai tujuan. Ada beberapa jenis reksadana yang dikelola oleh manajer investasi, yaitu :

  1. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah reksadana yang isi portofolionya sekitar 80% sampai 100% pada efek pasar uang yaitu efek hutang yang berjangka kurang dari satu tahun, seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Deposito Berjangka, dan Obligasi yang jatuh tempo di bawah 1 tahun. Reksadana pasar uang merupakan reksadana dengan risiko terendah yang memberikan return pertumbuhan terbatas. Reksadana ini tidak mengenakan biaya pembelian dan penjualan kembali dan menawarkan potensi tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada deposito. Reksdana ini cocok untuk disimpan dalam jangka waktu 1 tahun.

  1. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap adalah reksadana yang isi portofolionya sekitar 80% dikelola ke dalam efek bersifat utang. Pertumbuhan nilai investasi dan risiko investasi dari reksadana jenis ini lebih rendah daripada reksadana campuran atau saham. Dinamakan sebagai pendapatan tetap karena efek utang atau obligasi dalam portofolio reksadana ini akan memberikan nilai bunga (kupon) atau imbal hasil yang pasti secara rutin. Reksadana ini cocok untuk disimpan dalam jangka waktu 2-3 tahun.

  1. Reksadana Campuran

Reksadana campuran adalah reksadanayang isi portofolionya dikelola ke dalam efek ekuitas (saham) dan efek utang yang perbandingannya tidak termasuk dalam kategori reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham. Reksadana ini memiliki kebebasan untuk mengatur komposisi asetnya, baik saham, obligasi, maupun instrumen pasar uang. Potensi hasil dan risiko reksadana campuran secara teoretis dapat lebih besar dari reksadana pendapatan tetap namun lebih kecil dari reksadana saham. Reksadana ini cocok untuk disimpan dalam jangka waktu 3-5 tahun.

  1. Reksadana Saham

Reksadana saham adalah reksadana yang isi portofolionya sekitar 80% dikelola ke dalam efek bersifat ekuitas (saham). Saham umumnya memberikan potensi hasil yang lebih tinggi berupa capital gain melalui pertumbuhan harga-harga saham dan deviden. Reksadana saham memberikan potensi pertumbuhan nilai investasi yang paling besar demikian juga dengan risikonnya. Reksdana ini cocok untuk disimpan dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun.

  1. Reksadana Indeks

Reksadana Indeks adalah adalah jenis reksadana yang dikelola berdasarkan indeks acuan pada saham, Sebagai contoh index LQ-45 dan Kompas 100. Investasi yang dihasilkan akan mirip dengan indeks acuan. Reksa dana yang sebagian besar dari indeks tertentu dan dikelola secara pasif, artinya tidak melakukan jual beli di bursa, kecuali ada subscription baru atau redemption, oleh karenanya reksadana indeks biasanya keuntungan dan kerugiannya sejalan dengan indeks saham tersebut (jika ada selisih, biasanya selisihnya kecil). Reksadana ini cocok dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun, karena sifat pengelolaanya hampir mirip reksadana saham.

Selanjutnya, bagaimana kita bisa memulai investasi di reksadana? di era serba digital ini semua layanan investasi sudah bisa dilakukan online. Dengan mendaftar online pada platform yang menjual reksadana kita sudah bisa memulai investasi. Platform yang menyediakan layanan tersebut adalah Bibit. Apa sih bibit itu?

Bibit adalah Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Keuntungan mendaftar di bibit apa saja ?

  • Gratis Biaya Komisi
  • Dana Investasi yang Minim (mulai Rp. 10.000)
  • Dana investasi dapat diCairkan Kapan Saja
  • Tidak dipotong Dipajak
  • Terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas jasa keuangan)

Ada lagi keuntungan untuk para investor yang baru pertama kali daftar yaitu gratis cashback Rp. 25.000 hanya dengan mengisi kode referal berikut saat kita mendaftar :

happycuan

Menguntungkan sekali bukan? segera download dan daftar sekarang untuk memulai investasi reksadana di bibit. Berikut link download di playstore dan appstore

 12 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *